Praktikum Roket Air Oleh Siswa Soekarno SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus

0
1462
uji coba roket air di halaman sekolah sd muhammadiyah birrul walidain kudus

muhkudus.id – 15/3 selepas melaksanakan sholat dhuha anak-anak kelas 4 Soekarno melakukan kegiatan praktikum roket air untuk mengisi kegiatan jeda UTS semester genap. Dalam Pelaksanakan kegiatan ini, dibagi beberapa kelompok yang sudah ditentukan oleh pembimbing.

Anak-anak mempersiapkan alat dan bahan untuk membuat roket air sederhana. Mereka saling bekerja sama untuk membuat dan merakit roket sederhana ini. kurang lebih dua jam mereka selesai merakit roket air.

Kemudian anak-anak dengan didampingi oleh ustad Fatchun Naim selaku guru bidang studi IPA, mendemonstrasikan cara kerja roket air di halaman sekolah SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus. Teori dasar peluncuran roket air, sama dengan percobaan balon yang meluncur ke atas. roket air memberikan gaya aksi yang sangat besar ke atas, dengan mendorong keluar gas, maka gas tersebut memberikan reaksi yang sama besar, dengan mendorong roket air ke atas. Gaya dorong yang diberikan gas kepada roket air sama besar dengan gaya yang dengan gaya yang diberikan roket air ke gas, hanya arahnya berlawanan. Roket air ini mendorong gas ke bawah, gas mendorong roket air ke atas. Inilah yang disebut hukum reaksi aksi/Newton 3.

Sedangkan cara kerja roket air ini yaitu, buka pintu peluncur, dan masukan air sampai kira-kira 1/4 bagian botol. Kemudian masukan kembali pipa peluncur dan arahkan roket ke atas sampai cable tes benar-benar mencengkram mulut botol. Pasang kunci pengamannya,bila  air mrembes keluar, maka seal tidak berfungsi dengan baik. ganti dengan kemabli seal karet tersebut. Pompa udara kedalam botol melalui pentil di bagian bawah peluncur. jangan terlalu tinggi tekanannya, nantinya akan menyebkan pecah pada botol. Bila sudah mencakupi batas yang ditentukan maka, tariklah kunci pengaman ke bawah ,dan roketpun akan meluncur keatas. itulah cara kerja roket air sederhana yang telah dibuat dan di uji cobakan oleh siswa-siswi kelas 4 Soerkano. (naim/sdmbw)

 

Facebook Comments