Pada Ahad 29 Oktober 2023 Akan Terjadi Gerhana Bulan Sebagian, Perlukah Salat Gerhana?

0
346

Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah mengumumkan maklumat nomor 02/MLM/I.1/E/2023 terkait dengan Gerhana Bulan Sebagian yang akan terjadi pada hari Ahad (29/10). Gerhana Bulan Sebagian ini akan melintasi seluruh wilayah Indonesia, dan waktu kejadian akan sebagai berikut: Gerhana Sebagian dimulai pada pukul 02:35:18 WIB, mencapai puncak pada pukul 03:14:04 WIB, dan berakhir pada pukul 03:52:39 WIB.

Kawasan di Sumatera, Banten, DKI Jakarta, sebagian Jawa Barat, dan sebagian Kalimantan Barat akan dapat menyaksikan Gerhana Bulan Sebagian mulai awal hingga berakhir. Sementara di Papua, sebagian besar Papua Barat, sebagian Maluku, dan beberapa wilayah lainnya, Gerhana Bulan Sebagian akan dapat disaksikan mulai awal hingga bulan terbenam selama gerhana berlangsung.

Mengingat gerhana adalah fenomena alam yang spektakuler dan menggambarkan keagungan ciptaan Allah SWT, Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengimbau kepada semua pimpinan dan warga Muhammadiyah untuk melaksanakan ibadah Salat Gerhana Bulan (Salat Khusuf) serta memperbanyak doa, zikir, dan sedekah dalam rangka mengakui kebesaran Allah yang menciptakan alam semesta ini.

Majelis Tarjh dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengumumkan bahwa pada hari Ahad Pon, tanggal 14 Rabiulakhir 1445 H bertepatan dengan tanggal 29 Oktober 2023 M terjadi Gerhana Bulan Sebagian. Di Indonesia, Gerhana Bulan Sebagian melintasi seluruh wilayah Indonesia. Adapun waktu kejadian Gerhana Bulan Sebagian adalah sebagai berikut:

Klik di sini untuk melanjutkan membaca atau mengunduh file Maklumat

Facebook Comments