Evaluasi materi dengan Qobilah Scout Challenge

0
991

Ahad (20/11), yang lalu Dewan Kerabat Qobilah AR Fachruddin Pondok Pesantren Muhammadiyah Kudus mengadakan Qobilah Scout Challenge. Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi materi pembelajaran kepanduan HW selama satu semester. Kegiatan yang berjalan satu semester ini berawal dari usulan salah satu Dewan Kerabat dalam rangka mengevaluasi materi pembelajaran selama satu semester kepanduan HW.
Pelombaan yang diikuti sekitar 260 santriwan santriwati tingkat tsanawiyah dan aliyah kecuali kelas lima dan enam pondok pesantren muhammadiyah kudus ini dimulai pada jam 10.30 WIB. Diawali dengan lomba PBB lalu dilanjutkan dengan lomba drama.
Keunikan kegiatan ini adalah pengaplikasian lomba menjadi ajang evaluasi materi pembelajaran kapanduan yang membuat para santriwan dan santriwati antusias untuk mengikuti jalannya acara. “Baru ini kita evaluasi materi menggunakan konsep lomba yang membuat santri mau mengikuti evaluasi ini. Sebelumnya kita pakai SKT (Syarat Kenaikan Tingkat) tapi untuk semester satu belum ada jadi kita harus putar otak gimana evaluasi untuk satu semester ini,” ujar Pembina HW Pondok Pesantren Muhammadiyah kudus, Oemar Teguh.
Qobilah Scout Challenge berlangsung dengan semarak. Banyak anggota qobilah yang bersemangat mengikuti kompetisi antar regu ini. Tepuk tangan tak henti mengiringi setiap kelompok yang telah unjuk kebolehan mereka dalam merangkai barisan. Bukan hanya para peserta, jajaran ustadz dan ustadzah juga ikut memeriahkan.
Dengan terlaksananya kegiatan ini, diharapkan para anggota qobilah maupun dewan kerabat dapat meningkatkan kekompakan dan rasa tanggung jawab seperti yang tertera pada Janji Pandu Hizbul Wathan yang pertama yakni ‘Setia mengerjakan kewajiban saya terhadap Allah, Undang-Undang, dan Tanah Air’.”Untuk dewan kerabat sendiri, saya berharap dapat memotivasi dalam hal pendampingan anggota, meningkatkan kerjasama dan juga keompakan. Bagi anggota, harapannya dapat melatih kepemimpinan, kerjasama dan koordinassi kelompok,” tambahnya. (yasmin)

Facebook Comments

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

*