Majelis Lingkungan Hidup PDM Kudus Menggelar Green Leader Academy

0
158

Kudus, 6 Januari 2024 – Majelis Lingkungan Hidup Pimpinan Daerah Kudus (MLH PDM Kudus) mengadakan Green Leader Academy di Ruang Serbaguna Universitas Muhammadiyah Kudus. Kegiatan ini dihadiri oleh 49 peserta dari berbagai kalangan, termasuk mahasiswa, pelajar, dan masyarakat umum.

Acara ini dibuka dengan penuh semangat oleh Bapak Purnawirawan selaku Ketua MLH PDM Kudus, yang menyoroti krisis iklim dan urgensi tindakan nyata.

“Kita sudah tidak berfokus mengenai perubahan iklim, melainkan dengan krisis iklim yang harus dihadapi.” Ujar Bapak Purnawirawan.

Rangkaian Agenda Green Leader Academy ini berlangsung selama dua hari pada Sabtu (6/1/2024) hingga Ahad mendatang. Hari pertama diisi dengan talkshow yang menghadirkan sembilan pemateri keren dengan 5 topik yang berbeda, seperti Redi Joko Prasetyo dari Djarum Foundation Bakti Lingkungan, Kepala Dinas PKPLH Kab. Kudus (Drs. Abdul Halil), Ketua Majelis Lingkungan Hidup PWM Jawa Tengah, Climate Reality Indonesia (Arifah Handayani), Hening Parlan (Eco Bhinneka PP Muhammadiyah), Bank Sampah Tunjung Seto Bae Kudus (Muhammad Ansori) dan Pegiat Proklim Mega Asri Megawon.

Hari kedua mendatang diisi dengan aksi nyata, yaitu penanaman pohon di lingkungan Universitas Muhammadiyah Kudus. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi langkah konkret dalam menjaga keberlanjutan ekosistem.

Bapak Noor Muslikhan, Ketua PDM Kudus, juga menyampaikan pesan penting tentang kehidupan yang dicukupi oleh Allah dan tanggung jawab manusia untuk merawat bumi. Beliau menekankan pentingnya literasi lingkungan bagi masyarakat dan semangat Muhammadiyah dalam menata kehidupan dengan seimbang.

Dengan diadakannya Green Leader Academy, diharapkan munculnya pemimpin-pemimpin lingkungan yang peduli dan bertanggung jawab di Kota Kudus, menciptakan lingkungan yang lebih baik dan ramah lingkungan.(shoma)

Facebook Comments