Gerakan Sholat Subuh Berjamaah, Lalu Renovasi Masjid Mujahidin

0
864

muhkudus.id – Hari Ahad (26/3) fajar, warga Muhammadiyah ranting Jetak Kembang berduyun-duyun ke Masjid Mujahidin untuk melaksanakan shalat subuh berjama’ah. Sebelumnya, mereka mendapatkan undangan yang bertema ‘Gerakan shalat Subuh Berjamaah’ yang dilanjutkan dengan renovasi total Masjid Mujahidin.

Pagi itu tampak sekitar 70 jama’ah laki-laki dan perempuan dengan khusyu’ menjadi makmum Bapak K.Noor Muslikhan. Tak hanya orang dewasa, beberapa anak pun ikut subuhan. Menurut Bapak Drs. Zubaidi, selaku ta’mir Masjid mengatakan bahwa alangkah baiknya apabila sholat subuh berjamaah ini bisa dilakukan setiap hari dengan mengajak keluarga dekatnya.

Setelah sholat subuh, para jama’ah mendengarkan ceramah dari Bapak K. Noor Muslikhan. Dalam taushiyahnya, beliau menegaskan bahwa bersedekah kepada masjid bagi orang yang tempat tinggalnya dekat masjid hukumnya bukan lagi sunnah, melainkan wajib. Hal ini senada dengan apa yang disampaikan Bapak Rumain selaku ketua PRM Jetak Kembang yang menjelaskan saat ini Masjid Mujahidin sangat membutuhkan bantuan material untuk renovasi masjid.

Menurut bendahara pembangunan, Bapak H.Masrukhan, keseluruhan biaya yang dianggarkan sekitar Rp 110 juta. Kami sangat membutuhkan infaq dari para kaum muslimin di sekitar Kudus, tandas beliau. Saat ini, masjid masih bisa digunakan untuk kegiatan sholat berjama’ah di sebelah belakang.

Tak hanya sholat subuh berjamaah dan mendengarkan taushiyah, para jama’ah pun dipersilakan untuk menikmati snack, teh hangat, dan hidangan Soto Ayam yang disediakan panitia. Hidangan tersebut sekaligus sebagai sarapan pagi. Pasalnya, setelah sarapan, para jama’ah bersegera untuk kerja bakti massal merenovasi masjid dengan istilah ‘sambatan’. Meski gerimis mengguyur Masjid yang berada di Dukuh Jetak Kembang RT 02 RW 04, Kelurahan Sunggingan tersebut, namun semangat para jama’ah tidak bisa terkalahkan. Semangat mereka adalah ghiroh untuk menegakkan agama Islam, semangat yang dimiliki para pewaris Nabi. Semoga Allah selalu meridhoi, sebab perjuangan tidak hanya sampai di sini. (novi)

Facebook Comments