Diklat SAR MDMC Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kudus

0
1183

www.kudusmu.id – Kudus, Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) atau Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kudus gelar pendidikan dan latihan (diklat) Search and Rescue (SAR). Pelatihan SAR ini menghadirkan instruktur dari LPB PWM Jateng dan LPB PP Muhammadiyah.

Kegiatan tersebut terdiri dari 2 sesi, sesi pertama Gladi ruang di Kantor PDM Kudus, kedua Gladi Lapang di lereng pegunungan Muria Kudus. Acara tersebut berlangsung mulai Selasa-Ahad (22-27/8/2017).

H. Naibul Umam, Ketua LPB Muhammadiyah Jateng dalam pembukaan acara tersebut mengatakan sebanyak 38 peserta pelatihan tingkat dasar ini diikuti sejumlah sekolah dan cabang yang ada di Kudus.

Saat ini LPB Muhammadiyah Jateng memiliki ratusan relawan yang siap digerakkan. Mereka membantu Basarnas, BPBD, dan masyarakat dalam penanganan bencana di seluruh daerah di Nusantara.

Sementara itu instruktur diklat SAR dari Komandan Lapangan Diklat SAR, Satriyo Yudo menyebutkan para peserta mendapatkan materi survival, navigasi, penanganan korban di darat dan air, dan sebagainya. “Nantinya mereka akan disiapkan sebagai tenaga yang ahli dan profesional dalam penanganan bencana,” kata Satriyo Yudo.

Pada sesi penutupan di gedung SMA Muhammadiyah Unit I, para peserta didampingi oleh orang tuanya masing-masing saat penyematan penghargaan lulus sebagai relawan Muhammadiyah yang di lantik langsung oleh Rizka Himawan selaku Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kudus.

“Perjalanan sebagai Relawan Muhammadiyah belum selesai sampai disini, semoga ilmu yang didapat saat pelantikan bisa diaplikasikan pada saat terjadi bencana”, ujarnya saat melantik para relawan. (amir / mpi kudus)

Facebook Comments