TK Aisyiyah Birrul Walidain Kudus Gelar Penguatan SDM Menuju Sekolah Percontohan

0
163

Kudus, 12 Oktober 2025 — TK Aisyiyah Terpadu Birrul Walidain Kudus bersama Majelis PAUD Dasmen Aisyiyah Kabupaten Kudus menyelenggarakan kegiatan bertajuk “Penguatan Sumber Daya Manusia dan Pengembangan Program Keunggulan Sekolah” di Aula TK Aisyiyah Birrul Walidain Kudus, Ahad (12/10/2025).

Kegiatan ini diikuti oleh 37 peserta yang terdiri atas guru TK sebanyak 20 orang, guru KB 10 orang, dan guru TPA 7 orang. Acara berlangsung sederhana dibuka dg sambutan Kepala Sekolah TK birrul siti Aminah, S. Pd I, S. S Pd. , dilanjut dg sambutan dari ketua Majelis PAUD Dasmen Aisyiyah Kudus Dian Handayani, S. Pd, M. Pd.

Dalam sambutannya, Siti Aminah menegaskan bahwa kegiatan ini menjadi bagian dari upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kapasitas tenaga pendidik di lingkungan PAUD Aisyiyah.

“Kami ingin SDM di TK, KB, dan TPA Aisyiyah Birrul Walidain semakin unggul dan siap menjadi sekolah percontohan di Kabupaten Kudus, bahkan menuju sekolah unggulan di tingkat Provinsi Jawa Tengah,” ujar Siti Aminah.

Materi utama kegiatan disampaikan oleh Ibu Nurti Wijayanti, S.Pd., M.Pd. dari Divisi PAUD Majelis PAUD DASMEN Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA) Jawa Tengah. Dalam paparannya, Nurti menguraikan pentingnya membangun sistem pendidikan Aisyiyah yang berkarakter dan berorientasi pada peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Menurutnya, tujuan utama kegiatan ini adalah untuk:

  1. Merawat fitrah baik guru agar selalu berakhlak mulia dalam mendidik.
  2. Menambah pengetahuan dan strategi pembelajaran yang inovatif dan sesuai kebutuhan anak.
  3. Memahami kepemimpinan visioner dalam mengelola lembaga pendidikan.
  4. Mengembangkan TK, KB, dan TPA Aisyiyah Birrul Walidain sebagai PAUD percontohan di Kabupaten Kudus.

Nurti juga menekankan bahwa pendidikan anak usia dini harus dibangun atas dasar kemitraan antara sekolah, keluarga, dan masyarakat.

“Pendidikan bukan hanya tanggung jawab guru di sekolah. Sekitar 20 persen proses belajar terjadi di sekolah, 60 persen di rumah bersama keluarga, dan 20 persen di lingkungan masyarakat,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa PAUD Aisyiyah yang berkualitas harus memiliki tiga kekuatan utama dalam manajemen penyelenggaraan pendidikan, yaitu:

  1. Penguatan SDM pendidik dan tenaga kependidikan.
  2. Ketajaman dalam membangun program layanan pendidikan yang unggul.
  3. Komitmen penyelenggara dan pengelola dalam menyusun rencana kerja serta anggaran sekolah.

Kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat kolaborasi antara lembaga pendidikan Aisyiyah di Kudus untuk menghadirkan sistem pembelajaran yang unggul, berkarakter, dan berorientasi pada fitrah anak.

Kontributor : Nurul Aini, S.Pd.

Facebook Comments