Mengasah Kreativitas Dan Kepedulian Kepada Lingkungan

0
385
Masakan Hasil Karya Anak MI Muhammadiyah 1 Kudus

muhkudus.id – Selasa (21/3), MI Muhammadiyah 1 Kudus mengadakan kegiatan jeda Ulangan Tengah Semester (UTS) genap. Kegiatan ini diawali dengan jalan sehat seluruh siswa, guru dan karyawan yang dimulai pada pukul 07.30 WIB. Bukan hanya sekedar jalan sehat, namun mereka juga membawa tas kresek yang akan digunakan untuk tempat sampah. Mereka tak segan memungut sampah yang ditemui di jalan sebagai wujud bakti lingkungan. Menurut Saiful Umam, selaku kepala sekolah, kegiatan ini sebagai refreshing semua warga sekolah setelah mengikuti UTS selama sepekan.

Start jalan sehat dimulai dari depan Madrasah, mengelilingi kelurahan Purwosari, terus kembali lagi ke Madrasah. Setelah sampai di Madrasah, para siswa isrirahat sebentar. Tak menunggu lama, kelas IV-VI lekas melaksanakan agenda kedua, yakni memasak sederhana. Menu masakan berbeda-beda, tergantung kreatifitas dari siswa dan wali kelas. Kelas III menghias mi goreng dan membuat jus buah. Kelas IV,menghias buah dan membuat kreasi minuman. Kelas V sendiri, membuat masakan cha kangkung, sop ceker, dan capcay mumbay. Sedangkan, kelas VI membuat kreasi nasi goreng sosis dan kreasi es campur. Mereka sangat bersemangat dengan aktifitasnya. Tak hanya perempuan, siswa laki-laki juga ikut mencincang bawang.

Menurut Bu Mardhiyah Hayati, selaku wali kelas VI, menu dipilih karena cukup praktis , mudah dan disukai anak. Sedangkan menu sayur yang dipilih oleh wali kelas V, bertujuan untuk memgenalkan berbagai jenois masakan vegetarian supaya anak menyukai sayur. Karena masih ada beberapa anak yang masih tidak doyan sayur sampai kelas V, jelas Bu Ulfah Hidayati.

Setelah masakan rampung dan terhidang, anak-anak dengan lahap menikmati hasil masakannya sendiri. Alhamdulillah, semua menyukai aktifitasnya hari ini. Kegiatan jeda akan berlanjut besok (22/3) dengan agenda menanam bibit tanaman di Madrasah.(Novi  HNR)

Facebook Comments