Budaya Batik, Mengenalkan Budaya Bangsa

0
581
siswi kelas 2 berpose dengan hasil karya batiknya

muhkudus.id – Batik merupakan warisan budaya nusantara (Indonesia) yang mempunyai nilai dan perpaduan seni yang tinggi. Batik memiliki makna yang memperlihatkan cara berpikir masyarakat pembuatnya. Batik adalah kerajinan yang sejak dahulu telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa).

Rabu (19/4) kelas 3 SD Muhammadiyah Birrul Walidain melaksanakan PPL ke Galeri Amba Budaya Batik Kudus. Kegiatan ini dijadikan sebagai sarana untuk mengenalkan budaya bangsa, terkhusus batik.

Anak-anak terlihat bersemangat sekali ketika melihat proses pembuatan batik secara langsung. Anak-anak menjadi seseorang yang lebih menghargai karya bangsa ini. Uniknya dalam proses pembuatan batik ini, anak-anak praktik secara langsung pengecapan, nyanting nama, pewarnaan, dan diakhiri dengan nglorot (penghilangan sisa-sisa malam).

Sebagai sesi terakhir anak-anak membawa oleh-oleh berupa sapu tangan bermotif batik hasil karya sendiri. Dengan adanya kegiatan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi siswa tentang batik dan lebih mencintai budaya Indonesia. (tim ppl / mpi kudus)

Facebook Comments