SD Muhammadiyah 1 Kudus Berlaga Di Kejurnas Pencak Silat UNS Open 2017

0
1746
TIM Tapak Suci SD Muhammadiyah 1 Kudus yang berlaga di UNS Open 2017

muhkudus.id – Sejumlah atlet pencak silat dari Kabupaten Kudus ikuti Kejuaraan Nasional Pencak Silat usia dini kejuaraan nasional UNS Open 2017 di Gor Manahan (19-21/5). Mereka datang dari 133 tim atau klub provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Para peserta merupakan anak usia SD/MI kelas 2 sampai 5.

Salah satu sekolah di Kudus yang mengikuti Kejurnas Pencak Silat UNS Open 2017, adalah SD Muhammadiyah 1 Kudus, yang di latih oleh dua orang pelatih dari perguruan silat Tapak Suci putra Muhammadiyah Kudus, Santoso dan Fariz Ardianto.

Santoso sang pelatih  yang juga guru olahraga sekolah tersebut mengatakan keikut sertaan para atletnya pada kejuaraan tersebut karena ajang tersebut sebagai salah satu tempat menyalurkan  bakat dan menimba pengalaman bertanding bagi para atlet mudanya agar memiliki pengalaman dalam sebuah Kejuaraan Nasional

Kejuaraan tersebut hanya mempertandingkan katergori partai tanding. Partai seni ditiadakan lantaran terbatasnya waktu. Dalam pertandingan ada beberapa kelas untuk pesilat putra dan putri. Untuk pesilat putra dibagi menjadi 12 kelas. Sedangkan pesilat putri dibagi menjadi 10 kelas. Tiap kelasnya dibedakan dengan selisih 2 kilogram. Fajar menambahkan, sistem kejuaraan tersebut dibentuk seperti festival. “Di mana, pada putaran pertama, peserta akan masuk ke semifinal dengan lawan acak,” ujar Santoso.

Pemenang akan langsung masuk ke partai final, sementara yang kalah langsung mendapatkan medali perunggu. Penentuan juara umum sendiri didapatkan tim atau klub dengan perolehan medali emas, perak, dan perunggu terbanyak. Selain itu, para pesilat yang mendapatkan nilai tertinggi akan mendapatkan predikat terbaik. Predikat tersebut diberikan pada pesilat putra dan putri.

“Pada kejurnas tahun 2016 lalu SD Muhammadiyah 1 menerjunkan 17 pesilat dengan perolehan 2 emas 8 perak 7 perunggu, untuk tahun ini kami hanya mengirimkan 7 pesilat namun justru secara kualitas lebih menggembirakan, karena kami berhasil membawa pulang  3 emas 1 perak dan 3 perunggu, ini semua berkat kerja keras atlet dan kerjasama dua pelatih Fariz Ardianto dan Santoso,” ujarnya.

Inilah hasil kejurnas Pencak Silat UNS Open yang berhasil di gondol para atlet dari SD Muhammadiyah 1 Kudus, Faisal Fawwaaz Saputra, Muhammad Angger Prasetya dan Faiza Khaylilila Ramandhani berhasil menyabet Medali Emas, .Revaldo Hadi Pratama dan Hanin Alka Safitri berhasil membawa pulang medali perak, Iman Laksana Haq dan Muhammad Daffa Al Arfu peroleh perunggu. (ym/mpi kudus)

Facebook Comments