Puluh Murid Baru MI Muhammadiyah Jati Kulon Taklukkan Tantangan Outbound

0
1010

muhkudus.id – Kudus. Minggu 30/07/ 2017. Sebanyak 52 siswa siswi MI Muhammadiyah Jati Kulon Kudus mengikuti kegiatan outbound di Mountain Residence View Bae Kudus.
Kegiatan diikuti siswa siswi baru kelas satu dengan penuh semangat dan keceriaan. Sebanyak empat angkutan kota disiapkan untuk mengantar siswa siswi yang berkumpul di madrasah menuju lokasi kegiatan yang berada sekitar 100 meter setelah perempatan kampus UMK. Kegiatan yang dimulai dari pukul 08.00 dan berakhir pada pukul 11.30 ini bertujuan untuk melatih keterampilan/skill, sikap, serta ajang pengakraban siswa siswi kelas satu dengan sesamanya maupun dengan guru dan tenaga pendidikan yang ada di MI Muhammadiyah Jati Kulon Kudus.

Kegiatan outbond yang berlangsung selama empat jam tersebut terdiri dari kegiatan eksplorasi di rangkaian wahana outbound kemudian dilanjutkan dengan renang di kolam yang da di lokasi tersebut. Kegiatan eksplorasi wahana outbound dipandu langsung oleh instruktur yang sudah ahli dalam bidangnya serta bimbingan dari guru-guru yang mendampingi.

Delapan wahana outbound yang dilewati siswa siswi mampu melatih keterampilan serta memunculkan karakter. Wahana berjalan diatas jala sempit adalah tantangan pertama yang harus dilewati siswa. Karakter tenang dan fokus diperlukan untuk melewati tantangan tersebut. Hal menarik yang perlu diketahui adalah siswa siswi harus mampu melepas dan mengkaitkan sendiri kunci pengaman di rel pengaman selama melewati wahana satu ke wahan yang lainya. Keuletan, kesabaran siswa sisi diuji selama proses tersebut.

Banyak sekali keterampilan dan karakter yang muncul selama siswa siswi menyelesaikan semua tantangan, misalnya pada wahana jembatan kayu menggantung. Pada wahana ini tidak sedikit siswa siswi yang takut dan menangis, namun dengaj keberanian dan kesabaran akhirnya tantangan dapat diselesaikan.

Rangkaian wahan diakhiri dengan flying fox, pada wahana ini ketakutan terhadap ketinggian harus dilawan oleh siswa siswi. Mereka juga belajar untuk tenang dan tentunya menikmati kesan terbang yang menyenangkan. Keseruan dan semangat siswa siswi dilanjutkan dengan berenang di kolam. Kegiatan di air tersebut juga memiliki manfaat untuk melatih motorik anak seperti pada wahan outbound.

“Kegiatan outboud siswa siswi baru kelas satu sudah menjadi agenda rutin selama beberapa tahun terakhir, harapanya banyak manfaat positif yang didapat nelalui kegiatan ini”, tutur Wakhid Ansori kepala MI Muhammadiyah Jati Kulon Kudus.
Kegiatan outbound tersebut diharapkan mampu melahirkan siswa siswi yang berkarakter mendamping taqwa dan prestasi. (ulil / mpi kudus)

Facebook Comments