Menumbuhkan Emotional Quotient (EQ) Lewat Outbound

0
546

muhkudus.id – Sabtu (29/4) Outbound merupakan program tahunan MI Muhammadiyah 2 Kudus Program Khusus (Mimudaku). Di dalam program outbound, terdapat berbagai pembelajaran bagi siswa-siswi Mimudaku dan sekaligus penyegaran pikiran khususnya bagi siswa kelas VI yang akan melaksanakan Ujian Akhir Sekolah pada tanggal 8–17 Mei 2017.

Kegiatan ini bertujuan untuk melatih siswa agar dapat berinteraksi langsung dengan lingkungan alam. Belajar merupakan suatu proses perubahan perilaku atau pribadi seseorang berdasarkan praktik atau pengalaman tertentu ke arah positif atau arah yang lebih baik. Selain hal tersebut yang telah dipaparkan, kegiatan outbound ini diharapkan mampu membentuk mental individu yang selalu berani dalam menghadapi rintangan yang ada dihadapannya sekaligus melatih siswa untuk membentuk sebuah tim yang kompak dan dapat bekerja sama sesama teman sebaya. Hal terpenting dari kegiatan outbound ini adalah mengajak siswa untuk membuka mata dan telinga untuk selalu bersyukur atas nikmat dan karunia Allah SWT serta bentuk-bentuk kekuasaan Allah yang ada di alam semesta ini.

Adapun pembelajaran yang dapat kita ambil dari program outbound antara lain, Pertama adalah Team Work yang meliiputi kekompakan kelompok, kecepatan gerak dan pikir serta kecepatan waktu. Kedua yaitu Character Building yang mengarah pada pengenalan dunia luar sekolah serta menambah wawasan bagi siswa-siswi Mimudaku. Ketiga adalah melatih setiap individu untuk mempunyai kekuatan jasmani dan rohani, mempunyai Emotional Quotient (EQ) atau kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional akan membentuk karakter dan kepribadian siswa secara psikologis. Menyeimbangkan cara berpikir otak kanan dan otak kiri agar siswa dapat secara bergantian berpikir baik dengan logika maupun berpikir dengan eksak. Keempat yakni melatih individu yang berani menerima tantangan dan rintangan serta melatih peserta didik untuk menjadi pemimpin (leader) bagi teman-teman sekelompoknya. Kelima yaitu mencetak individu yang berakhlaqul karimah, islami, cerdas, ceria, mandiri, energik, kreatif, serta ramah lingkungan.

Untuk kali ini Mimudaku bekerja sama dengan NAMIRA Tour & Travel yang merupakan kelanjutan dari Program PPL dan Parenting yang telah kita lalui pada tahun 2016 lalu. Bersama 12 tourguide yang telah disediakan oleh NAMIRA Tour & Travel, mereka menyajikan 9 fasilitas outbound yang disinergikan dengan lomba-lomba antarkelompok. Kesembilan fasilitas outbound tersebut adalah Balap Bakiak, Estafet Tepung, Tarik Tambang Lumpur, Bola Buta, Gelas Terbang, Estafet Hulahop, Estafet Bola Pingpong, Rolling Hole, Bridge Bamboo Race. Semua siswa Mimudaku ikut serta dalam memeriahkan semua lomba yang ada. Mereka terlebih dahulu dikelompokkan dalam 12 tim yang terdiri atas 6 tim kelas kecil dan 6 tim kelas besar. Dalam tim-tim tersebut, tentu semua kelas diacak agar dapat bersinergi dengan teman-teman yang lain yang tidak pernah sekelas ataupun beda tingkat kelas dengan selisih tingkat satu hingga dua tahun. Selain itu, dari NAMIRA Tour & Travel telah menyediakan hadiah bagi 4 kelompok yang berhasil mengumpulkan nilai terbanyak.

Selanjutnya, acara ditutup dengan permainan Flying Fox bagi semua siswa Mimudaku yang sudah dinanti-nanti. Permainan yang paling menantang dan menguji adrenalin. Namun, tanpa rasa takut siswa-siswi Mimudaku ber-flying fox ria dengan sumringah. Alhamdulillah keseluruhan acara berjalan dengan lancar dan rombongan Mimudaku tiba kembali dengan selamat di Kota Kudus tercinta. (@nisy@gung/ mpi kudus)

Facebook Comments