Mendatangkan Bule Di MPLS SMA Muhiku

0
1099

muhkudus.id – Senin, 17 Juli 2017, Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dibuka oleh Drs. Mochammad Chasan, Kepala SMA Muhammadiyah Kudus, dan dilanjutkan oleh Rizky Anfasa Faras Mada, perwakilan dari Ketua PD IPM Kab. Kudus, sekaligus juga membuka kegiatan FORTASI ( Forum Ta’aruf Siswa) dalam rangka penerimaan anggota baru PR IPM SMA Muhammadiyah Kudus. MPLS ini dilaksanakan selama sepekan, dimulai Senin, 17 Juli s/d Senin, 24 Juli 2017. Ada yang berbeda materi MPLS kali ini, yaitu kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris secara aktif dan kreatif selama tiga hari.

Siswa baru belajar Bahasa Inggris bersama trainer trainer dari Kresna Education dan para alumni Student Exchange Jepang, Malaysia, dan Thailand. Mereka belajar dengan gembira dengan game game kreatif, sehingga Pembelajaran Bahasa Inggris menjadi mudah dan menarik. Hari ketiga bertambah heboh, karena Panitia MPLS yang dipandu Lail Usri Yusro, ketua Umum PR IPM SMA Muhammadiyah Kudus dan Ibu Nurul Aini, S.Pd. , Pembina PR IPM SMA Muhammadiyah Kudus, menutup Pembelajaran Bahasa Inggris dengan kompetisi Lomba Cerdas Cermat Bahasa Inggris antar Qobilah (istilah kelas MPLS) dan Pentas Seni. Sebagai puncaknya, mendatangkan dua bule Chekoslovakia cantik untuk ajang keberanian berbicara Bahasa Inggris langsung dengan Volunteer. Menjadi menarik ketika para siswa baru berebut dialog dengan Pavla dan Michele. Hari berikutnya sesi Mengenal Kurikulum 13, Tata Tertib Siswa, Kegiatan Ekstra Kurikuler dan Mengenal Wisata Study Nasional dan Internasional. Dalam kegiatan MPLS ini juga disisipi kegiatan FORTASI berupa Bakti Siswa Baru berupa penataan Taman Sekolah dengan membawa tanaman hias yang sudah ditentukan oleh Panitia MPLS.

Hari keenam, siswa baru menerima materi Mengenal IPM, dan Mengenal Lagu lagu Muhammadiyah, Ibadah Praktis. Setiap hari, kegiatan MPLS dimulai dengan Sholat Duha berjamaah dan ditutup dengan Sholat Duhur berjamaah bersama Bapak ibu Guru dan Karyawan SMA Muhammadiyah Kudus. Senin, 24 Juli 2017 adalah materi terakhir MPLS berupa Pancasila dan Ideologi, yang akan diisi oleh Ketua Dinas Kesbangpol, Bahaya Narkoba, Menangkal Berita Hoax, yang akan disampaikan oleh Ketua Kapolsek Kota. Sebagai pelengkap, panitia juga mendatangkan seorang mantan pemakai Narkoba untuk menyampaikan testimoninya mengenai Bahaya Narkoba dan Cara Menanggulanginya. Satu kata pesannya, beliau mengajak untuk mengatakan “Perang terhadap Narkoba.” Narkoba merusak masa depan generasi muda dan masa depan bangsa. (Mch / mpi kudus)

Facebook Comments