Jeda UTS, Anak-anak Asah Keberanian dan Kreativitas

0
488
Kegiatan anak-anak mimudaku saat jeda UTS Genap

muhkudus.id – Ahad (26/3) sudah sepekan MI Muhammadiyah (MIM) 2 Kudus Program Khusus, mengadakan kegiatan untuk mengisi jeda UTS Genap. Terhitung mulai hari Selasa hingga Sabtu, anak-anak MIM 2 Kudus sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Adapun kegiatan-kegiatan tersebut dapat memacu keberanian dan kreativitas anak, baik dalam bertindak maupun dalam berperilaku secara kontekstual.

Hari pertama jeda UTS Genap, anak-anak dibagi dalam dua kelompok. Yaitu kelompok kelas kecil (kelas 1-3) dan kelompok kelas besar (kelas 4-6). Anak kelas kecil mengikuti lomba bercerita, sedangkan anak kelas besar mengikuti menulis sinopsis dari sebuah buku cerita rakyat yang dibaca. Hal ini dimaksudkan agar anak mampu menuangkan ide dan imajinasinya ke dalam bentuk tulisan. “Keterampilan menulis adalah keterampilan berbahasa yang palig tinggi tingkatannya. Semua orang tentu dapat melakukannya. Namun, tak semua orang bisa menuangkan ide, gagasannya, serta imajinasinya ke dalam bentuk tulisan. Hanya orang-orang yang gemar membaca dan punya minatlah yang dapat melakukannya”, kata salah seorang guru.

Hari kedua, MIM 2 Kudus mengadakan lomba yang berbeda dari yang sebelumnya. Karena sedikit lebih beda itu lebih baik, daripada sedikit lebih baik. Adapun lomba ini diikuti oleh semua siswa. Yakni dari kelas 1 hingga kelas 6, semua ikut serta dalam lomba rangking 1 ini. Bahkan lomba ranking 1 ini, memunculkan juara-juara baru yang tidak terduga sebelumnya. Mereka benar-benar membuat kagum semua orang.

Hari ketiga, panitia mengadakan lomba dacil dan adzan. Semula pihak juri merasa khawatir, kalau-kalau minat anak pada lomba ini kurang. Sebab, lomba ini memang membutuhkan keterampilan khusus, yakni retorika berbicara yang mumpuni. Namun, Allah SWT berkehendak lain. Dugaan juri meleset. Sungguh tak terduga, jumlah peserta lomba dacil dan adzan membludak. Sampai-sampai jurinya kewalahan.

Hari keempat adalah puncak kegiatan jeda UTS Genap tahun ini. Anak-anak diajak jalan sehat, sekaligus mengenalkan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) mu-mart. “Sekali dayung, dua tiga pulau terlampauhi”, kata salah seorang guru Bahasa Indonesia. “Kami ingin anak-anak tahu bahwa AUM kita juga punya usaha yang tidak kalah dari yang lain”, kata salah seorang guru. “Alhamdulillah, semoga bisa diikuti oleh orang tua murid untuk berbelanja di mu-mart”, kata salah seorang wali murid.

Hari kelima, kegiatan anak MIM 2 Kudus adalah menghias kelas, pembagian hadiah kepada para juara, serta undian doorprize. Adapun doorprize tersebut adalah sumbangan dari tiap-tiap kelas. Tiap kelas menyumbang minimal 2 buah bingkisan. (keoshi/ mimudaku)

Facebook Comments